TP-PKK KAB.MBD GELAR PERINGATAN HKG PKK KE 52

By admin 03 Apr 2024, 20:52:58 WIB PKK
TP-PKK KAB.MBD  GELAR PERINGATAN HKG PKK KE 52

TP-PKK Kabupaten Maluku Barat Daya menggelar  peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 52 yang dilaksanakan  di gedung serbaguna Tiakur pada hari Rabu, 03  April 2024. Dalam sambutan ketua umum Tim Penggerak PKK yang dibacakan oleh ketua TP-PKK Kabupaten Maluku Barat Daya, ibu Rely Noach, mengatakan bahwa sebagaimana Visi TP-PKK,  yaitu terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera lahir dan batin. Saya berharap agar  kita dapat mengembangkan program-program PKK di daerah masing-masing, sehingga senantiasa sejalan dengan program-program pemerintah dan pemerintah daerah. Melalui 10 program pokok PKK, Tim Penggerak PKK dapat menjadi motor utama dalam menggerakkan kader dan menjalin koordinasi serta sinergisitas dengan para stakeholder, baik dengan pemerintah, pemerintah daerah, maupun Lembaga nonpemerintah sesuai dengan peraturan perundang-undangan.  “Untuk memperkuat itu ada tiga hal yang menjadi perhatian bersama antara lain memantapkan pemahaman mengenai  filosofi pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, mengoptimalkan potensi gerakan masyarakat untuk bersinergi dengan pemerintah untuk dalam mempercepat pembangunan nasional dan daerah serta pencapaian PKK dalam pelaksanaan rencana induk gerakan PKK Tahun 2021-2024” ungkap ibu Rely. 


Gerakan PKK sampai dengan Tahun 2023 yang berkorelasi dengan program pemerintah dan pemerintah daerah, antara lain: berperan aktif dalam berbagai kegiatan dan turut menangani stunting, melaksanakan kegiatan sosial, terlaksananya peningkatan pengetahuan dan keterampilan tentang tatalaksana rumah tangga dalam harmonisasi kehidupan keluarga.

Baca Lainnya :

Terlaksananya program unggulan gerakan keluarga sehat tanggap dan tangguh bencana untuk Kesehatan melalui 3 pilot projec yaitu keluarga sehat tanggap dan tangguh bencana peduli stunting;  keluarga sehat tanggap dan tangguh bencana menuju perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS); keluarga sehat tanggap dan tangguh bencana peduli kesehatan ibu dan anak (KIA)". Kata ibu Rely. Mengakhiri sambutannya, ibu Rely menyampaikan harapan agar kita dapat menjawab tantangan dan mewujudkan capaian substansi tugas dan fungsi TP PKK untuk mencapai visi gerakan PKK Tahun 2021-2024 yaitu “Terwujudnya keluarga sehat, cerdas, berdaya, beriman, dan bertaqwa menuju Indonesia maju 2024.

 Pada kesempatan yang sama Bupati MBD, bapak Benyamin Th Noach sebagai pembina TP-PKK MBD  dalam sambutannya mengatakan bahwa PKK itu dibutuhkan untuk mempercepat proses menuju keluarga sejahtera. "Program-program kerja  pemerintah daerah melalui OPD tentu mengarahkan untuk kesejahteraan rakyat ".ungkap bapak Benyamin Noach.


Bupati berharap agar para camat dan para ketua TP-PKK Kecamatan harus turun ke desa-desa untuk  mendorong masyarakat terus bergerak melaksanakan program pokok PKK. Selain itu bupati juga berharap akan dilaksanakan lomba dengan bahan dasar ikan.

Oleh karena itu beliau memerintahkan agar semua kecamatan harus mengikuti lomba dimaksud  pada bulan Juni nanti dan yang terbaik akan mewakili Kabupaten ke tingkat Provinsi. "karena Maluku ini lumbung ikan nasional, ikannya banyak maka makanan yang serba ikan itu mesti menjadi keunggulan kita" ungkap bapak Benyamin. Mengakhiri sambutannya bupati mengatakan bahwa PKK ini sangat penting untuk mendorong mempercepat pembangunan menuju kesejahteraan rakyat terutama di MBD. "Semoga  kita semua bisa bergerak lebih sejahtera, angka stunting menurun, Angka kemiskinan menurun,anak cucu kita adalah anak- anak yang cerdas, anak-anak yang bertaqwa kepada Tuhan dan pancasilais".Ujar bapak bupati.

Hadir dalam kegiatan dimaksud Wakil Bupati, Forkopimda, Ketua-Ketua organisasi perempuan, Kepala perwakilan Ombudsman Provinsi Maluku, penjabat Sekretaris Daerah, para Asisten, Para Staf Ahli, para  Pimpinan OPD, Danki brimob, kepala kantor agama, ketua Klasis lemola, para Camat, dan para pengurus TP-PKK tingkat Kabupaten dan Tingkat Kecamatan.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment