JELANG PEMILU 2024, KPU MBD GELAR SIMULASI PENCOBLOSAN DAN PERHITUNGAN SUARA

By admin 01 Feb 2024, 15:20:56 WIB Pemerintahan
JELANG PEMILU 2024, KPU MBD GELAR SIMULASI PENCOBLOSAN DAN PERHITUNGAN SUARA

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) menggelar simulasi pemungutan dan perhitungan suara serta penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) pada Pemilihan Umum tahun 2024 di Aula Kelurahan Tiakur, Kecamatan Moa, Kabupaten MBD, Kamis (01/02/2024).


Kegiatan tersebut dihadiri PJ. Sekretaris Daerah Kabupaten MBD, Drs. Daud Reimialy mewakili Bupati MBD, Kapolres MBD, AKBP. Pulung Wietono, S.I.K, Dandim 1511/Pulau Moa, Letkol Inf. Galih Perkasa, Bawaslu MBD, Camat Moa, Marthen Naslewan, Ketua Divisi Teknis Penyelengaraaan, Yoma Naskay, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Aner Leunufna dan pengurus partai politik serta PPK, PPS dan KPPS yang ada di Kecamatan Pulau Moa. 

Baca Lainnya :

Ketua Divisi Teknis Penyelengaraan KPU MBD, Yoma Naskay mengatakan, kegiatan Simulasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan terkait kondisi ril pada saat proses pemungutan suara di TPS pada 14 Februari 2024. 


“Dari proses simulasi ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan pengetahuan untuk penyelenggara dalam hal ini KPPS. Terutama terkait pemungutan suara dan rekapitulasi perhitungan suara.” ungkap Naskay didampingi Komisioner KPU, Aner Leunufna.

Selain menyampaikan tata cara pencoblosan hingga penghitungan suara, Naskay berharap tingginya partisipasi masyarakat Kabupaten MBD pada Pemilu mendatang.


“Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pemilih bagaimana tata cara pemungutan dan penghitungan suara di TPS, Bagaimana Melayani Pemilih dalam Kategori Prioritas (Disabilitas) dan tata cara penggunaan Sirekap,” bebernya.

Sementara itu, lanjut Naskay, alur Simulasi dimulai dari persiapan pemungutan suara,  kemudian pelaksanaan pemungutan suara, persiapan penghitungan suara, pelaksanaan penghitungan suara, serta penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi Suara (Sirekap).


PJ. Sekretaris Daerah Kabupaten MBD, Drs. Daud Reimialy mengatakan, pihaknya mendukung simulasi pencoblosan dan penghitungan suara yang diinisiasi oleh KPU MBD. Sebab, melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat terkait Pemilu. 


"Intinya kami sangat mendukung, karena simulasi memberikan edukasi dan pembelajaran untuk masyarakat kita. Terima kasih kepada KPU dan Bawaslu. Jadilah penyelenggara yang dipercaya oleh masyarakat. Mudah-mudahan hasilnya nanti bermanfaat bagi Indonesia, khususnya MBD," ujar Reimialy. 

Reimialy mengimbau masyarakat untuk terus senantiasa menjaga persatuan menjelang Pemilu serentak 2024 mendatang. Ia meminta masyarakat MBD untuk jangan mudah terprovokasi yang nantinya dikhawatirkan mengganggu keamanan dan ketertiban.


"Jangan pasif, jangan terlalu bereuforia, karena pesta demokrasi harus kita jaga bersama kondusifitasnya. Perbedaan pilihan itu biasa, karena namanya demokrasi. Biar kita beda-beda, tapi bukan untuk saling membenci, teruslah saling menjaga perdamaian dan kesatuan," harapnya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment