ASISTEN I SETDA MBD BUKA PELATIHAN KULINER PANGAN LOKAL

By Mario Given Hood Sekawael 27 Sep 2023, 08:03:21 WIB Pangan Lokal
ASISTEN I SETDA MBD BUKA PELATIHAN KULINER PANGAN LOKAL

Pelatihan kuliner pangan lokal yang dllaksanakan oleh Dharma Wanita Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) bekerjasama dengan Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Maluku Barat Daya dibuka oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah, Simon Dahoklory, S.Sos, M.Si yang dilangsung pada Cafe Koli, Selasa (26/09/2023). 

Sambutan Bupati MBD, Benyamin. Th. Noach, ST yang dibacakan Asisten I, S. Dahoklory, S.Sos, M.Si, menyampaikan Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang melimpah, namun masyarakat lebih cenderung mengkonsumsi beras sebagai makanan utama, dan melupakan pangan lokal yang dimiliki.


Baca Lainnya :

"Pangan lokal merupakan produk pangan asli yang dimiliki oleh masyarakat setempat. Khususnya di Pulau Moa, memiliki kekayaan jenis pangan lokal non-beras yang beragam dan telah menyokong pemenuhan kebutuhan masyarakat. Namun keberagaman pangan lokal yanag ada belum mampu dimanfaatkan secara optimal menjadi salah satu penunjang ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat," ujar Dahoklory

Ditambahkannya perkembangan produk pangan atau kuliner yang diproduksi dengan menggunakan bahan dasar pangan lokal saat ini semakin pesat dan diminati. Produksi olahan pangan lokal memiliki peluang yang tinggi apabila dikelola dengan baik sebagai produk yang memiliki nilai tambah. Pangan lokal harus terus didorong dan dikembangkan menjadi produk olahan pangan sehat dan aman, berdaya saing dan bernilai jual serta produk olahan yang berkelanjutan.


"Mengembangkan pangan lokal menjadi produk yang bernilai jual dan ekonomis, maka dibutuhkan skill atau kemampuan yang menunjang dalam proses produksi," tegasnya

Pemerintah daerah mengucapkan terima kasih pengurus Dharma Wanita Persatuan, karena turut mendukung program pemerintah dalam meningkatan kualitas sumber daya manusia yang dapat mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan pelatihan kuliner pangan lokal yang bermanfaat yang diharapkan mampu memberdayakan masyarakat yang ada untuk mengelola dan berkreasi serta berinovasi dalam pengolahan pangan lokal menjadi kuliner atau produk yang mampu mendongkrak perekonomian.


Menutup sambutannya, Bupati berharap kegiatan pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan para peserta dalam mengelola potensi pangan lokal menjadi makanan yang dapat meningkatkan ekonomi keluarga. 

"Pengetahuan yang didapat saat ini tidak hanya berakhir disini, namun para peserta yang ada harus dapat membagikan ilmu ini bagi masyarakat yang ada di desa masing-masing, sehingga kreatifitas kuliner olahan pangan lokal dapat berkembang dengan baik yang berdampak bagi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat yang ada," tutupnya. KOMINFO69




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment