RESMI TUTUP KEGIATAN GMT, BUPATI MBD : SEMUA MATA MEMANDANG PULAU KISAR

By admin 22 Apr 2023, 11:48:30 WIB Pariwisata
RESMI TUTUP KEGIATAN GMT, BUPATI MBD : SEMUA MATA MEMANDANG PULAU KISAR

Rangkaian pelaksanaan kegiatan menyongsong Edukasi dan Pengamatan Gerhana Matahari Total (GMT) di Pulau Kisar, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) resmi ditutup yang ditandai dengan acara Makan Rahak (makan bersama) bagi semua undangan yang hadir di Lapangan Maka Desa Wonreli, Kamis (20/04/2023).

Ketua Tim Observatorium Bosscha ITB, Nana Permadi dalam sambutannya mengatakan, rasa haru dan syukur yang tak terhingga atas seluruh rangkaian kegiatan pengamatan GMT yang boleh berjalan dengan baik, juga didukung dengan cuaca yang cerah dari awal, gerhana total hingga akhir.


Baca Lainnya :

"Rasa terharu bukan hanya gerhana namun sebelum dan sesudah gerhana semuanya memberikan kesan yang luar biasa bagi kami," ungkap Nana.

Lebih lanjut Ia mengatakan, antusiasme masyarakat sangat luar biasa, kebutuhan tim, semuanya telah disiapkan dengan baik bahkan didukung dengan berbagai kegiatan yang edukatif. 


"Selain menyediakan kebutuhan yang kami minta, masyarakat juga mempersiapkan festival seni dan budaya, edukasi, gebyar PAUD, tari-tarian dan lain-lain yang sangat luar biasa," tuturnya.


Pada kesempatan tersebut, Ia menyampaikan terima kasih yang tinggi bagi semua pihak sekaligus memohon maaf atas segala kerepotan yang terjadi.


Sementara itu, Bupati MBD, Benyamin Th. Noach, S.T mengatakan, hari ini semua mata di penjuru dunia memandang Pulau Kisar atas peristiwa fenomena alam ini. Titik pertama terjadi GMT di Indonesia tahun 2023, dimulai dari Pulau Kisar, pulau kering dan berbatu karang, namun memiliki kekayaan budaya yang tidak pernah hilang, pulau yang ada di perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Ini berkat besar bagi masyarakat Pulau Kisar dan bagi MBD, karena fenomena alam ini dapat terjadi pada tujuh sampai delapan generasi mendatang lagi," urai Bupati. 

Bupati mengisahkan, dulu pernah ada gerhana matahari, orang Kisar sebutnya matahari mati sehingga masyarakat ke kamar dan bersembunyi. Namun dengan perkembangan teknologi yang luar biasa, masyarakat Pulau Kisar hari ini dapat menikmati fenomena alam ini dengan tidak takut lagi.

Dalam rangkaian pengamatan GMT, ada banyak kegiatan sosial budaya yang ditampilkan. Kegiatan positif seperti ini harus terus dikembangkan dan memberikan inspirasi bagi masyarakat MBD, anak didik, para guru dan semua stakeholder lainnya.

"Dari pulau kering ini pernah lahir ahli nuklir yang membantu Badan Antariksa Amerika Serikat atau yang sering disebut National Aeironautics and Space Administration (NASA) untuk menuju bulan. Namanya (alm) Prof. Andarias Davidz, yang benar-benar adalah putra yang berasal dari Pulau Kisar. Bahkan anaknya, Mercy Davidz, merupakan salah satu ahli roket di NASA hari ini. Kebanggaan bagi orang Kisar, kebanggaan bagi MBD. Itu artinya, generasi hari yang belajar dibawah listrik harus lebih dari itu, karena dulu Prof. Davidz hanya belajar dibawah bulan dan bintang namun bisa jadi ahli," tutur Bupati.

Bupati juga mengajak semua pihak, terutama para guru untuk saling  memberikan motivasi dan  dorongan yang kuat, bergandengan tangan membangun daerah ini. Sehingga generasi ini kedepan menjadi orang-orang hebat bagi daerah tapi juga bagi dunia ini.

Ia berharap, kegiatan festival pendidikan terus dilakukan setiap tahunnya, para guru dan orang tua terus mendampingi anak sehingga kelak mereka menjadi generasi yang cerdas dan berakhlak.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati MBD, Drs. Agustinus L. Kilikily, M.Si, Dandim 1511 Pulau Moa, Letkol. Inf. Galih Perkasa, Wakapolres MBD, Jessy Batara, S.Sos, Majelis Pekerja Harian Sinode GPM, Anggota DPRD Kab. MBD, Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten MBD, Staf Ahli, Asisten dan Kepala OPD lingkup Pemda MBD, Ketua Klasis GPM Pulau Kisar, Bunda PAUD Kabupaten MBD, Staf Ditjen Kebudayaan Kemenristekbud, Tim Observatorium Bosscha ITB, Ketua AMGPM Daerah PP. Terselatan, para kepala desa, dusun, para kepala sekolah semua tingkatan dan masyarakat se-Pulau Kisar.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment