PERSIAPAN GERBANGDUTAS, BNPP RI TERJUNKAN TIM ADVANCE KE MBD

By Mario Given Hood Sekawael 11 Mei 2023, 07:47:37 WIB Pemerintahan
PERSIAPAN GERBANGDUTAS, BNPP RI TERJUNKAN TIM ADVANCE KE MBD

Tiakur-news.malukubaratdayakab.go.id– Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenkumham) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menerjunkan tim terlebih dahulu untuk perizinan lokasi pelaksanaan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) ) pada Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT) di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) yang dilaksanakan pada 30-31 Mei 2023 mendatang.

Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP, Dr. Gutmen Nainggolan, SH., M.Hum bersama rombongan yang berjumlah 20 orang dijemput langsung oleh Dandim 1511/P. Moa, Letkol Inf. Galih Perkasa, Kapolres MBD, AKBP. Pulung Wietono, SIK, Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten MBD, Obed H Y. Kuara, S.Sos, M.Si bersama para asisten dan kepala OPD di Bandara Jos Imsula Orno, Rabu, 10 Mei 2023.

Baca Lainnya :

Dalam sambutannya pada Acara Ramah Tamah di Pandopo Kediaman Bupati MBD, Gutmen Nainggolan mengatakan pembangunan di Kabupaten MBD sungguh sangat luar biasa bagusnya dan diluar ekspektasi BNPP RI. 


“Kabupaten MBD ini baru berusia belasan tahun tetapi ada bangunan yang luar biasa megah, kantor pemerintahan, perumahan ASN, Ruko dan pasar yang sangat luar biasa,” tulisnya. 

Lebih lanjut, Ia mengatakan bahwa sesuai rencana Pemkab MBD, maka akan juga dilakukan Peresmian 4 Blok Ruko oleh Menkopolhukam, Mahfud MD dan Mendagri, Tito Karnavian.


“Saya yakin Pa Menko dan Pa Mendagri akan sangat senang melihat pembangunan yang sangat luar biasa, karena selama kegiatan Gerbangdutas, baru kali ini ada peresmian ruko sebanyak 4 blok,” jelasnya.

Ia berharap, semua proses persiapan lawatan Menkopolhukam dan Mendagri akan berjalan dengan baik dan tim finalisasi dapat memutuskan spot-spot yang nantinya akan dikunjungi.

Sementara itu, Bupati MBD, Benyamin Th. Noach, ST, menyampaikan Pemerintah Daerah dan masyarakat membayangkan terima kasih atas rencana kunjungan Menkopolhukam dan Mendagri di Kabupaten MBD bahkan secara khusus bagi tim advance yang ada di MBD saat ini. 


“Kami berterima kasih karena ada tim yang sudah ke Meatimarang. Kalau dalam perjalanan tadi diperhadapkan dengan gelombang laut setinggi 2-3 meter, itu sudah setengah dari kesulitan kami. Karena wilayah kita ini apabila masuk pada kondisi cuaca ekstrim, maka gelombang bisa mencapai 5 meter bahkan lebih,” ungkap Bupati.

Bupati berharap, semua persiapan dan koordinasi akan terus dibangun sehingga pelaksanaan kunjungan para menteri dalam rangka launching Gerbangdutas tahun 2023 dapat berjalan dengan baik.


Untuk diketahui rombongan yang dibagi menjadi dua tim tersebut telah mengunjungi Meatimarang, Pantai Syota, Lapangan Kalwedo, Kodim 1511/P. Moa, Ruko Pasar Tiakur, Lokasi pembangunan Pasar Ikan Higenis dan juga akan ke Kecamatan Letti.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment