PEMDA MBD GELAR SYUKUR NATAL DAN TAHUN BARU SERTA BUKA KERJA TAHUN 2024

By admin 24 Jan 2024, 06:44:53 WIB Agama
PEMDA MBD GELAR SYUKUR NATAL DAN TAHUN BARU SERTA BUKA KERJA TAHUN 2024

Tiakur-News, malukubaratdayakab.go.id- Pemerintah Maluku Barat Daya gelar Ibadah Syukuran Natal dan Tahun Baru sekaligus Ibadah Buka Kerja Tahun 2024 yang dilaksanakan pada Gereja Eliora Jemaat GPM Tiakur, Selasa ( 23-01-2024).

Ibadah dilayani oleh Sekretaris Klasis GPM PP. Letti Moa Lakor, Pdt. R. Hitipeuw, S.Si. Dalam refleksinya dengan mempedomani bacaan Firman Tuhan, Amsal 3 : 1-8, mengingatkan agar seluruh ASN dalam bekerja haruslah takut akan Tuhan, setia kepada pelayanan, rendah hati dan selalu bersandar pada Tuhan dalam seluruh pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang diemban. Sehingga ASN dapat mewujudkan jatidiri sebagai pelayan yang mampu mewujudkan kesejahteraan kepada masyarakat.


Baca Lainnya :

"Kerjakanlah tanggung jawab dan pelayanan kita sesuai dengan Tuhan punya kehendak, beta yakin Tuhan akan meluruskan jalan-jalan kita dan pada waktunya Tuhan akan memberikan apa yang kita gumuli selama ini," tutur Pdt. R. Hitipeuw dalam refleksinya. 

Bupati MBD, Benyamin Th. Noach, ST dalam arahannya dalam gelaran Buka Kerja Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya, mengajak kita melihat kembali apa yang telah dilakukan pada tahun 2023. Masih terdapat tantangan dan kendala yang belum sempat diselesaikan tetapi banyak yang telah dilakukan dan dihasilkan sepanjang tahun 2023. 


"Banyak prestasi yang kita raih, itu semua karena kerjasama seluruh ASN bersama rakyat serta bergandeng tangan bersama instansi vertikal, TNI Polri dan Kejaksaan. Sehingga bisa dapat capaian yang baik pada tahun 2023," tutur bupati.

Bupati mengingatkan kepada ASN dalam lingkup pemerintah daerah, agar dapat menyelesaikan seluruh tanggung jawab dalam pelaporan keuangan dan kinerja pemerintah daerah tahun anggaran 2023.  

"Pelaporan keuangan pemerintah daerah harus sudah selesai akhir bulan ini, sehingga pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK dapat terlaksana dengan baik," tegas bupati.


Laporan keuangan pemerintah daerah telah empat kali berturut-turut mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK RI. Tahun 2024 haruslah lebih baik dari sebelumnya dan Pemerintah Daerah harus mendapatkan opini yang sama, sehingga anggaran pendapatan daerah dapat bertambah melalui insentif WTP lima tahun berturut-turut. Besaran insentif lima tahun berturut-turut lebih besar dari insentif WTP tahun-tahjn sebelumnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati mengatakan, bahwa didalam birokrasi tidak ada kata menindas yang ada hanya perintah. “Perintahnya turun dan laporannya harus kembali,” kata bupati.

Mengutip refleksi ibadah, Bupati berharap ASN haruslah melayani seperti pelayanan kepada Tuhan. Tanggung jawab dan tugas yang diemban adalah beban yang dipercayakan Tuhan untuk dilaksanakan dengan baik dan berdampak nyata bagi kemajuan daerah.

“Kita laksanakan tugas kalau itu penuh dengan tanggung jawab, saya percaya bahwa jalan pasti terbuka. Kita merasa bahwa jabatan, tanggung jawab yang kita miliki bukan hanya semata-mata berkat Tuhan, tetapi lebih dari itu adalah tanggung jawab yang sudah dibebankan diatas pundak kita,” ungkap bupati. 


Menyongsong Pemilu serentak yang akan digelar pada bulan Februari nanti, Bupati mengajak seluruh ASN untuk betanggung jawab menjaga keamanan, ketertiban, dan kekeluargaan. ASN menjadi contoh dan corong serta siap menyalurkan hak politiknya dengan bebas sesuai pilihan tanpa paksaan sehingga tidak terjadi perpecahan atau benturan di tengah masyarakat.

Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran forkompimda yang selama ini menopang dan membantu pemerintah daerah dalam pelayanan tugas kenegaraan, pemerintahan dan pelayanan masyarakat. Dan tahun 2024 selalu bergandengan tangan dan saling menopang untuk bangun Maluku Barat Daya lebih baik lagi. 


Diakhir sambutannya, Bupati mengingatkan kembali untuk ASN yang sampai hari ini belum melaksanakan tugas sesuai dengan SK bupati, untuk segera melaksanakan tugasnya. 

Turut hadir dalam kegiatan ini  Ketua TP-PKK Kab.MBD Ibu Rely Noach, Wakil Bupati Drs. Agustinus L. Kilikily, M.Si, Perwakilan Kajari MBD, Perwakilan Kapolres MBD, Perwakilan Dandim 1511/P.Moa, Danki Brimob, Pabung TNI-AU, Pabung TNI-AL, Pastor Paroki Moa, Kepala Kantor Agama MBD, serta Pimpinan bersama staf BUMN/BUMD.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment