Maluku Barat Daya Turut Mensukseskan Gerakan Menanam Cabai dan Bawang Merah Se-Provinsi Maluku

By admin15 21 Sep 2022, 10:47:06 WIB Pertanian
Maluku Barat Daya Turut Mensukseskan Gerakan Menanam Cabai dan Bawang Merah  Se-Provinsi Maluku

Tiakur-news.malukubaratdayakab.go.id- Gerakan menanam cabai dan bawang merah dalam rangka pengendalian inflasi pangan yang digelar secara serempak di Kabupaten / Kota se-Provinsi Maluku, tanggal 20 September 2022   diawali dengan program menyapa antara Pemerintah Provinsi bersama Pemerintah Kabupaten-Kota sekaligus pencanangan Gerakan Menanam Cabai dan Bawang Merah secara daring. Turut terhubung secara daring dalam program tersebut Wakil Bupati Maluku Barat Daya dan Forkopimda yang dipusatkan di Balai Desa Yamluli Kecamatan Pulau Lakor.


Baca Lainnya :

Ditempat yang berbeda bersamaan di lokasi lahan penanaman cabai dan bawang merah Desa Lolotuara , sebelum menyampaikan sambutannya, Drs. Agustinus L Kilikily, M.Si  berkesempatan menyerahkan bantuan berupa alat pengolahan hasil bawang merah kepada kelompok tani  Bintang Timur Desa Yamluli, kelompok Ralmida Desa Yamluli dan kelompok Kwantil Berkarya Desa Kokwary.

Selain itu Wakil Bupati juga menyerahkan Prasasti pekerjaan jaringan irigasi kegiatan DAK dan DAU Tahun 2022 kepada Kelompok Tani Ralmida Desa Yamluli dan kelompok Sejahtera Desa Letoda.


Dalam sambutannya, Wakil Bupati mengatakan gerakan menanam ini harus dilaksanakan karena merupakan perintah dan arahan  Presiden untuk  mengendalikan  inflasi , yang disampaikan   secara daring pada beberapa waktu lalu yang di ikuti oleh  wakil Bupati dan Forkopimda,

Lanjut Wakil Bupatiluas lahan untuk menanam cabai dan bawang merah di Kabupaten Maluku Barat Daya tahun 2022 adalah 27,1 hektar  dan anggarannya bersumber pada APBD Provinsi Maluku. Untuk Kecamatan Pulau Lakor tersedia 13 hektar yang harus dikelola oleh kelompok tani.


Tingkat inflasi di Provinsi Maluku adalah sebesar 6% dan berada di Zona oranye. Oleh itu  Drs. Agustinus L. Kilikily, M.Si berharap melalui Gerakan menanam ini, masyarakat tidak ketinggalan dalam mengelola bantuan-bantuan yang sudah diberikan oleh Pemerintah Daerah, Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat sehingga dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin, yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat.


Hadir dalam kegiatan dimaksud, Ketua DPRD Maluku Barat Daya, Kapolres Maluku Barat Daya Bersama Ibu, Dandim 1511/P.Moa Bersama Ibu, Wakil Ketua Bid I TP-PKK MBD dan Undangan lainnya. Kalwedo. Kominfo86




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment