KRI TELUK WONDAMA TNI AL SIAP DISTRIBUSI LOGISTIK PEMILU MBD

By admin 07 Feb 2024, 09:54:07 WIB Pemerintahan
KRI TELUK WONDAMA TNI AL SIAP DISTRIBUSI LOGISTIK PEMILU MBD

Kapal Republik Indonesia (KRI) Teluk Wondama-527 milik TNI – AL, direncanakan tiba di Pelabuhan Moa Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), pada tanggal 8 atau 9 Februari 2024 guna membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku Barat Daya (MBD) mendistribusikan logistik Pemilu di MBD. 

Hal ini disampaikan Ketua KPU MBD, Kristian L. Talupoor, SH, M.Kn dalam rapat koordinasi Pemkab MBD yang dibuka Pj. Sekretaris Daerah MBD, Drs. Daud Reimialy bersama Forkopimda MBD, KPU dan Bawaslu MBD serta unsur TNI-Polri di Ruang Rapat Kantor Bupati, Selasa (06/02/2024).


Baca Lainnya :

Talupoor menjelaskan, persetujuan dan kesediaan penggunaan KRI Teluk Wondama-527 didapat setelah dilakukan koordinasi dengan Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IX Ambon, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M dan Asisten Operasi (Asops) Komandan Lantamal IX Ambon, Kolonel Laut (P) Arie Lukito, S.E.

“Kedatangan KRI Teluk Wondama-527 bertujuan untuk mendukung pendistribusian logistik pemilu di Wilayah Pulau Terluar MBD yang akan dimulai pada tanggal 8 atau 9 Februari 2024 mendatang dan diharapkan proses distribusi logistik pemilu dapat berjalan lancar dan menghasilkan pemilu yang transparan, partisipatif, dan adil bagi seluruh warga MBD. 


Ia menambahkan, kehadiran KRI Teluk Wondama-527 di MBD akan sangat membantu mengingat kondisi cuaca, angin dan tinggi gelombang yang belum stabil. Pihak KPU MBD sangat berterima kasih bagi Panglima TNI dan jajaran yang telah bersedia membantu.

Ia berharap, seluruh persiapan teknis dan koordinasi semua pihak terus ditingkatkan sehingga pada saat pemuatan logistik Pemilu utama 1.465 kotak suara dan petugas pendamping dari unsur KPU MBD, Bawaslu MBD, Pemda MBD dan TNI-Polri semuanya telah siap dan dapat berjalan dengan baik.

“Kita akan terus melakukan koordinasi hingga kapal tiba di Moa dan melakukan pemuatan logistik Pemilu. Selain kesiapan logistik dan petugas pendamping, kita juga akan terus memantau dan mempertimbangkan kondisi cuaca yang masih berubah-ubah”, katanya. 

Hal senada disampaikan Kapolres MBD, AKBP. Pulung Wietono, S.I.K, penyelenggaraan Pemilu merupakan agenda nasional dan Polres MBD siap mendukung pengamanan semua proses dan tahapan pemilu hingga selesai. 

“Kita telah menyiapkan personil Polres dan Polsek di setiap kecamatan dan akan melaksanakan tugas mulai dari tahapan distribusi logistik, pelaksanaan pemilu hingga rekapituasi dan perhitungan suara bahkan sampai pada pengiriman kembali logistik pemilu ke kabupaten”, jelasnya.

Sementara itu, Dandim 1511/Pulau Moa, Letkol Inf. Galih Perkasa mengatakan, terkait kedatangan KRI Teluk Wondama-527 di MBD, maka pihaknya akan melakukan koordinasi bersama Perwira Penghubung (Pabung) TNI AL MBD dengan Lantamal IX Ambon. 


“Kita akan melakukan koordinasi untuk memastikan waktu kedatangan dan rute kapal menuju 16 titik distribusi serta jumlah personil yang akan ikut mendampingi”, ungkapnya.

Ia berharap, semua perencanaan yang sudah dibahas dapat berjalan dengan baik sehingga saat distribusi hingga kembalinya logistik pemilu di kabupaten dapat berjalan dengan baik.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment