BAPPEDALITBANG MBD GELAR KONSULTASI PUBLIK RANCANGAN AWAL RPJPD TAHUN 2025-2045

By admin 25 Jan 2024, 21:12:39 WIB Daerah
BAPPEDALITBANG MBD GELAR KONSULTASI PUBLIK RANCANGAN AWAL RPJPD TAHUN 2025-2045

Pemerintah Daerah Maluku Barat Daya melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Maluku Barat Daya gelar Konsultasi Publik Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Maluku Barat Daya Tahun 2025 – 2045 yang dilaksanakan pada Gedung Serbaguna Tiakur, Kamis(25/01/2024).

Kegiatan Konsultasi Publik Ranwal RPJPD merupakan salah satu tahapan dalam penyusunan RPJPD untuk memperoleh masukan terhadap permasalahan, isu strategis, arah kebijakan dan sasaran pokok dalam ranwal RPJPD Tahun 2025-2045.


Baca Lainnya :

Bupati MBD, Benyamin Th. Noach, ST dalam sambutannya mengharapkan masukan dan partisipasi aktif guna memboboti rancangan yang telah disusun pemerintah daerah yang bekerjasama dengan tim Universitas Gajah Mada.

“Pertemuan hari ini adalah forum pembahasan terhadap rancangan yang sudah dibuat oleh pemerintah daerah. Mari kita berikan masukan, kita berkomitmen, untuk pembangunan daerah yang akan kita lakukan 20 tahun ke depan,” harap bupati.

Bupati menambahkan setelah dokumen RPJPD selesai disusun maka selanjutnya akan menjadi pedoman dan acuan dalam penyusunan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tiap periode lima tahun sekali, dan setelah penyusunan RPJMD serta dilanjutkan dengan penyusunan perencanaan tahunan.


“RPJPD adalah dokumen penting yang harus dilihat oleh seluruh pemangku kepentingan, termasuk yang akan berkontestasi pada pemilihan kepala daerah nanti. RPJPD akan dijabarkan kedalam RPJMD setiap lima tahun. Untuk itu kita harus memiliki harapan dan impian yang benar-benar baik untuk kemajuan MBD 20 tahun kedepan. Harapan inilah yang perlu kita tuangkan dalam dokumen RPJPD sebagai arah dan kompas menuju harapan yang kita impikan,” ujar bupati. 

Bupati berharap seluruh peserta Kegiatan Konsultasi Publik RPJPD untuk serius dalam mengikuti kegiatan yang dimaksud, memberikan gagasan, masukan, mimpi yang dapat direalisasikan untuk kemajuan Kabupaten Maluku Barat Daya kedepan yang lebih maju pada periode tahun 2025 - 2045.


“Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada bapak ibu semua, dan kita semua berdoa, dan kita semua berharap konsultasi publik dapat berlangsung dengan baik, dengan pikiran-pikiran segar, dengan masukan-masukan yang baik, untuk kesejahteraan Maluku Barat Daya dua puluh tahun kedepan,” ucap bupati.

Kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid ini, dihadiri oleh Pemerintah Daerah, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Perwakilan Bappedalibang Provinsi Maluku dan tim UGM secara daring,  Instansi Vertikal, Para Camat, BUMN/BUMD, Kepala Desa, Perwakilan Paguyuban, Organisasi Masyarakat, Organisasi Pemuda, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta Tokoh-Tokoh Pendidikan.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment