WIDYA PRATIWI MURAD LANTIK PENGURUS DEKRANASDA KAB. MBD DAN KUKUHKAN BUNDA LITERASI KAB. MBD

By admin 27 Okt 2021, 12:09:17 WIB Pemerintahan
WIDYA PRATIWI MURAD LANTIK PENGURUS DEKRANASDA KAB. MBD   DAN KUKUHKAN BUNDA LITERASI KAB. MBD

Tiakur-news.malukubaratdayakab.go.id- Bertempat di Gedung Serbaguna Tiakur, dilaksanakan pelantikan Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda)  Kabupaten Maluku Barat Daya Periode 2021 - 2026 dan Bunda Literasi Kab. MBD oleh Ketua Dekranasda Provinsi Maluku sekaligus Bunda Literasi Provinsi Maluku, Ibu Widya Pratiwi Murad, Senin (24/10/2021)

Pengurus Dekranasda Kabupaten Maluku Barat Daya dilantik sesuai dengan Surat Keputusan Ketua Dekranasda Provinsi Maluku Nomor : 06/Dekranasda-Maluku/SK/X/2021 tentang Pengesahan dan Pengangkatan Pengurus Dekranasda Kabupaten Maluku Barat Daya Periode 2021 - 2026  dan sesuai Surat Keputusan Bupati Maluku Barat Daya nomor 003 - 304 Tahun 2021 tentang pengukuhan Bunda Literasi Maluku Barat Daya Masa Bakti 2021 - 2024, yang menetapkan Ibu Relly Noach Sebagai Bunda Literasi Kab. MBD

Ibu Widya menyampaikan pelantikan pengurus Dekranasda Kabupaten Maluku Barat Daya merupakan amanat anggaran rumah tangga dekranasda  tahun 2020 dan sebagai langkah awal memulai kiprah dan berkarya demi menumbuhkan dan mengembangkan  industri kerajinan di Kabupaten Maluku Barat Daya.

Baca Lainnya :


" Saya mengucapkan selamat kepada ketua dan pengurus dekranasda yang baru saja dilantik periode 2021-2026 semoga amanah yang muliah ini dapat dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab " ucap Ibu Widya

Dirinya juga berharap dengan kerja keras melalui koordinasi  bersama Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten dan stekholder lainnya, dapat menciptakan pengrajin-pengrajin yang handal dan tangguh, serta mampu  menjadi garda terdepan dalam pemberdayaan industri kerajian sebagai modal utama dalam pembangunan di Maluku dan lebih khusus di Bumi Kalwedo.

Pelantikan pengurus Dekranasda saat ini membuktikan komitmen dan konsistensi Dekranasda Provinsi Maluku untuk terus berjuang secara bersama dalam mendorong gerakan pemberdayaan dan pengembangan industri kerajinan sebagai gerakan nasional yang tumbuh dari oleh dan untuk masyarakat  demi terwujudnya kemajuan industri kerajianan di daerah.


Dekranasda sebagai wadah berhimpun pelaku industri kerajinan perlu mendapat sentuhan melalui pembinaan, pendampingan secara masif dan berkelanjutan bagi peningkatan produktivitas kerajinan di Maluku Barat Daya. Potensi kerajinan seperti kerajinan tenun ikat, anyaman dari daun koli dan batok kelapa harus terus dikembangkan agar dapat bersaing di pasaran lokal, nasional dan internasional, ucap ibu Widaya.

Untuk menunjang hal tersebut sangat dibutuhkan komitmen dan kerja keras dari ketua dan pengurus Dekranasda kabupaten demi kemajuan industri kerajinan. Disisi lain pembinaan dan pengembangan kerajinan harus ditingkatkan agar memberi nilai tambah ekonomis bagi penciptaan iklim usaha, menyelamatkan tenaga kerja produktif, meningkatkan nilai produksi dan investasi yang pada akhirnya bermuara pada kesejahteraan hidup pelaku industri tersebut.

Selain itu juga dengan dilantiknya Bunda Literasi Kabupaten Maluku Barat Daya, Ibu Widya berharap nilai tingkat kegemaran membaca dan literasi masyarakat Kabupaten Maluku Barat Daya semakin meningkat.

Data nilai tingkat kegemaran membaca di Provinsi Maluku untuk tahun 2020 mencapai 52,90 %, dan masih dibawah nilai yang ditetapkan secara nasional yakni 54, 82 % untuk  itu peningkatan nilai kegemaran membaca masyarakat menjadi tanggung jawab bersama baik provinsi maupun kabupaten/kota. Guna mewujudkan hal dimaksud diperlukan komitmen dan kerja keras Bunda Literasi dengan Tim Penggerak PKK, perangkat daerah, komunitas literasi dan stakeholder lainnya sehingga provinsi Maluku dapat melampui nilai tingkat kegemaran membaca secara nasional. Kalwedo... (kominfo21)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment