Press Release – Tanggap Darurat Bencana Banjir dan Tanah Longsor di Wilayah MBD

By admin15 02 Jul 2022, 08:28:51 WIB Berita Terkini
Press Release – Tanggap Darurat Bencana Banjir dan Tanah Longsor di Wilayah MBD

Tiakur-news.malukubaratdayakab.go.id-  Menyikapi bencana hidrometeorologi yang terjadi pada beberapa wilayah di Kabupaten Maluku Barat Daya yang diakibatkan oleh intensitas curah hujan yang tinggi, Pemerintah Daerah Maluku Barat Daya melalui Surat keputusan Nomor 362-209-Tahun 2022 menetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Banjir dan Longsor di Wilayah Kabupaten Maluku Barat Daya.

Status tanggap darurat ini akan berlaku selama 14 hari yang dimulai dari tanggal 30 Juni - l,13 Juni 2022 dengan tujuan utamanya adalah pencegahan dan penanganan bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di Kecamatan Damer, Kecamatan Romang dan Kecamatan Babar Timur.

Dari data yang disampaikan oleh BPBD Kab. MBD untuk wilayah Kecamatan Damer, Desa Wulur, 98 Kepala Keluarga dengan jumlah jiwa 410 jiwa telah diungsikan ke Balai Desa setempat, dan untuk Kecamatan Romang Dusun Rumkuda  sebanyak 8 jiwa mengungsi.

Baca Lainnya :

Dampak kerusakan lainnya adalah sebanyak 60 rumah rusak dan akses jalan ke kebun terputus di desa Wulur, sementara kecamatan Romang  4 rumah rusak berat (2 unit rumah hanyut), 4 jembatan rusak, serta di Kecamatan Babar Timur 1 jembatan yang menghubungkan Kokwari dan Letwurung rusak.

Upaya penanganan yang telah dilakukan terhadap kondisi yang terjadi di Kecamatan Damer telah dilakukan pembentukan Tim Tanggap Darurat Kecamatan yang akan melakukan upaya penanganan cepat terhadap kejadian bencana yang terjadi diantaranya penanganan para pengungsi yang telah diamankan ke Balai Desa, rumah-rumah penduduk dan Polsek. Untuk kebutuhan makanan dan minuman sementara ini mendapat bantuan dari Pihak Kecamatan, desa-desa tetangga dan Polsek. Atas bantuan dari berbagai pihak, Kecamatan, Polsek, Pemdes dan masyarakat, akses jalan yang tertimbun tanah dan sampah telah dibersihkan. 

Di Kecamatan Babar Timur masyarakat mengungsi di Gereja Kokwari, SD Inpres Kokwari dan  di Gereja Jemaat GPM Letwurung. Pemerintah Kecamatan dan Desa telah menyediakan bahan makanan untuk didistribusi kepada para Pengungsi.

Pemerintah Daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kab. MBD akan segera turun ke Kecamatan Damer untuk memberikan bantuan yang direncanakan akan berangkat dengan KM. Sabuk Nusantara 104. (BPBDMBD)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment