PEMDA DUKUNG KEGIATAN SERBUAN VAKSINASI COVID-19 DI KAB.MBD

By admin15 28 Jun 2021, 16:11:55 WIB Kesehatan
PEMDA DUKUNG KEGIATAN SERBUAN VAKSINASI COVID-19 DI KAB.MBD

Tiakur -  malukubaratdayakab.go.id-  Pelaksanaan vaksin massal dalam rangka HUT Polri yang ke-75  sekaligus penanganan  program Pemerintah yang menargetkan satu  juta  dosis  vaksinasi  Covid-19 per harisecara nasional di Kabupaten MalukuBarat   Daya dilaksanakan  sabtu  (26/06/2021). Kegiatan yang digagas oleh Polres Maluku Barat Daya ini dihadiri oleh Bupati Maluku Barat Daya Benyamin Th. Noach, S.T, Wakil  Bupati  Maluku Barat Daya Drs.Agustinus L.Kilikily,M.Si, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Sekretaris Daerah Maluku Barat Daya, Pimpinan OPD dan Pejabat Struktural Lingkup Pemda Kab.MBD, Para Kepala Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan masyarakat penerima vaksin.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai  implementasi  kegiatan serbuan vaksinasi yang terlaksana atas kerja sama TNI-POLRI dalam rangka percepatan peningkatan cakupan vaksin untuk mencapai herd imunitty, dengan  pembagian 40% dilaksanakan TNI-POLRI dan 60 % oleh Kemenkes melalui Pemerintah Daerah.

Baca Lainnya :

Kapolres  Maluku Barat Daya AKBP Dwi Bactiar Rivai. S.IK,MH dalam sambutan menyampaikan harapannya agar semua  masyarakat Maluku Barat Daya dapat mengambil bagian dalam pelaksanaan kegiatan vaksinasi ini untuk menuju Indonesia Sehat.

Sasaran vaksin Covid-19 di Kabupaten Maluku Barat Daya,sebanyak 55.862 orang,dengan rincian: SDMK 1.016 orang, Lansia 7.699 orang, Pelayan Publik 6.911 orang, Masyarakat rentan 17.799 orang, Masyarakat dan Pelaku Ekonomi 22.457 orang. Vaksin yang digunakan adalah Sinovac. Sementara untuk anggota  TNI, vaksin yang diberikan adalah vaksin AstraZeneca.

Dalam sambutannya,Bupati  mengatakan bahwa Covid-19 masih mengancam semua negara dan kehidupan  termasuk Indonesia. Satu-satunya cara adalah harus melaksanakan vaksinasi, Bupati juga berharap agar semua masyarakat dapat mengambil bagian dan  menyukseskan program vaksinasi di MBD, sehingga program ini dapat berjalan dengan baik dan mencapai hasil 100 %. Dirinya juga berpesan agar masyarakat jangan termakan dengan informasi-informasi yang tidak benar dan tidak bertanggung jawab atau Hoax tentang  vaksin.

Pos Pelayanan vaksin di Kab. MBD,berjumlah 22 fasilitas kesehatan yang tersebar di seluruh  kecamatan,yang terdiri dari 21 Puskesmas dan 1 RSUD,dimana masing-masing faskes memiliki 1 tim vaksin, untuk kegiatan yang dilakukan pada Sabtu, 26/06/21, ditetapkan 8 faskes pelaksanaan dengan target 457 dosis yaitu RSUD Tiakur dan Puskesmas Tiakur (yang bergabung di lapangan apel Mapolres), Puskesmas Werwaru, Weet, Sera, Serwaru, Wonreli, dan Puskesmas Lebelau, dengan target masing-masing faskes 60 dosis.

Kegiatan Vaksinasi dapat berjalan dengan sukses, dimana animo masyarakat untuk mengikuti kegiatan tersebut sangat tinggi. Ketersediaan Vaksin sangat terbatas, sehingga banyak masyarakat yang gagal mengikuti vaksinasi dan akan dilanjutkan pada Rabu, 30/06/21. Hasil koordinasi terakhir dengan pihak ketiga yang bertugas mendistribusi  vaksin  Covid-19 sebanyak 2.400 dosis akan dikirim dari Manado ke ambon pada hari minggu 27/06/21, dan akan dilajutkan ke Tiakur pada hari selasa mengikuti jadwal penerbangan Trigana Air sesuai Laporan dari Kepala Dinas Kesehatan Kab.MBD. Kalwedo...(Kominfo21)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment