Pembukaan Forum Lintas Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD Kab. MBD Tahun 2023
Bupati : Tahun 2023, Pemerintah Daerah Tetap Berfokus Pada Penurunan Angka Kemiskinan

By admin15 09 Apr 2022, 09:12:25 WIB Pemerintahan
Pembukaan Forum Lintas Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD Kab. MBD Tahun 2023

Tiakur-news.malukubaratdayakab.go.id- Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Th. Noach. S.T, membuka secara resmi pelaksanaan Kegiatan Forum Lintas Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD Kab. MBD Tahun 2023, yang berlangsung di Gedung Serbaguna Tiakur, Jumat (8/4/2023) dengan sorotan Tema "Peningkatan Infrastruktur Dasar Untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi Berbasis Potensi Unggulan Daerah Serta Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia"

Bupati dalam sambutannya menyampaikan Forum Lintas Perangkat Daerah Dan Musrenbang RKPD merupakan salah satu agenda penting dalam penyelenggaraan pemerintahan yang akuntabel, responsif dan demokratis. Kedua kegiatan ini berawal dari perencanaan yang dilaksanakan mulai dari dari tingkat desa sampai dengan kecamatan, dimana masyarakat diberi ruang untuk menyampaikan berbagai persoalan mendasar yang nantinya akan dibahas bersama OPD dalam forum lintas perangkat daerah.


Baca Lainnya :

"Saya menghimbau kepada semua pelaku pembangunan terutama perangkat daerah yang berperan dalam forum ini agar memiliki kepekaan yang tinggi terhadap setiap aspirasi, kebutuhan dan permasalahan masyarakat untuk menghasilkan design program kegiatan dan sub kegiatan yang inovatif, solutif dan responsif terhadap berbagai persoalan yang dihadapi oleh masyarakat" kata Bupati

Pelaksanaan forum lintas perangkat daerah ini akan bermuara pada pelaksanaan musrembang RKPD Tahun 2023 dimana kesepakatan rumusan program dan kegiatan prioritas dalam forum ini akan diplenokan dalam forum musrenbang RKPD tahun 2023 sebagai upaya menyusun agenda pembangunan pada tahun 2023.

Lebih lanjut Bupati mengatakan permasalahan pembangunan dan kemasyarakatan yang ada di kabupaten masih cukup kompleks seperti aksesbilitas dan kesulitan geografis, belum maksimalnya keterpenuhan pelayanan dasar, belum maksimalnya pemenuhan ekonomi dan ketahanan pangan, belum maksimalnya pemberdayaan masyarakat desa, konektifitas antar wilayah yang belum optimal serta rendahnya inovasi dan kreatifitas birokrasi.

"Melihat kompleksitas masalah yang dihadapi, tentunya memerlukan upaya keras dalam melaksanakan pembangunan ke depan, saya tetap optimis jika seluruh stakeholder yang ada di kabupaten Maluku Barat Daya bersama-sama menyatukan persepsi dalam gerak langkah yang sama guna mendorong dan menggerakan pembangunan secara stimulan maka perlahan namun pasti kita akan bangkit mengejar ketertinggalan kita dengan daerah lain" tutur Bupati.


Dengan tetap berfokus pada penurunan angka kemiskinan di tahun 2023, Bupati mengingatkan para Kepala Desa berkaitan dengan pengelolaan dana desa, dimana tujuan alokasi dana desa adalah mendorong pembangunan di desa agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Maka oleh sebab itu setiap penerima bantuan di desa harus diarahkan kepada masyarakat miskin baik melalui dana desa, maupun program kegiatan dari provinsi dan kabupaten. 

Dirinya juga mengharapkan para kepala desa agar dalam proses penyusunan perencanaan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan tetap mengacu pada aturan yang telah ditetapkan, sehingga tidak menyulitkan dalam pertanggungjawabannya dan tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Lima prioritas pembangunan sesuai tema pembangunan yang diangkat oleh Pemerintah Daerah Kab. MBD di tahun 2023 yakni prioritas pertama, peningkatan infrastruktur dasar dan infrastruktur ekonomi yang berkualitas dengan memperhatikan pola ruang dan kewilayahan, prioritas kedua, meningkatkan sumber daya manusia yang berakhlak, kompetitif dan berbudaya, prioritas ketiga, peningkatan produktifitas potensi unggulan daerah serta pengembangan UMKM, prioritas keempat, reformasi kelembagaan, perbaikan mutu pelayanan publik melalui inovasi birokrasi dan prioritas kelima adalah optimalisasi pengelolaan SDA secara berkelanjutan, penataan ruang, pengelolaan lingkungan hidup dan rawan bencana.


Dikesempatan ini juga Bupati kembali mengingatkan pentingnya vaksinasi booster yang sementara dijalankan oleh pemerintah dengan tujuan untuk memperbaiki efektivitas vaksin yang telah menurun. Untuk itu dirinya mengharapkan  kepada seluruh kepala desa agar menghimbau kepada masyarakat untuk dapat mendukung pelaksanaan vaksinasi covid19 di Kab. MBD dengan tujuan utama yakni memutus  rantai penularan covid19 dan juga memberikan perlindungan kesehatan serta membantu percepatan pemulihan ekonomi.

Diakhir sambutannya Bupati mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Maluku Barat Daya yang dengan sungguh-sungguh mendukung Pemerintah Daerah dalam melaksanakan program pembangunan secara bersama-sama. 

Turut hadir dalam acara pembukaan ini, Wakil Ketua DPRD, Ever Mozes, Dandim 1511 Pulau Moa, Wira Mahorromah Wakil Bupati Maluku Barat Daya, Drs. Agustinus L. Kilikily, M.Si, Sekretaris Daerah Kab.MBD, Drs. A.Siamiloy, M.Si, Ketua TP. PKK, Ny. Relly A.Noach, Ketua Bidang I TP. PKK. Kab. MBD. Ny. J. H. Kilikily, Perwakilan Polres, Pimpinan OPD, Para Camat dan peserta musrenbang. Kalwedo (kominfo22)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 7 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment