LINDUNGI PEREMPUAN DAN ANAK-ANAK KLASIS LETTI MOA LAKOR LUNCURKAN RUMAH AMAN

By admin15 26 Nov 2021, 20:31:00 WIB Agama
LINDUNGI PEREMPUAN DAN ANAK-ANAK KLASIS LETTI MOA LAKOR LUNCURKAN RUMAH AMAN

Tiakur-  malukubaratdayakab.go.id- Dalam upaya perlindungan kepada kaum Perempuan dan Anak akibat kekerasan maka Gereja Protestan Maluku melalui Klasis Letti Moa Lakor meluncurkan rumah aman, yang dilaksanakan di Gedung Gereja Eliora, Tiakur, Jumat (26/11/2021)

Ketua Klasis Lakor Pdt.  M . Timisela S.Th, saat menyampaikan sambutannya mengatakan rumah aman merupakan salah satu program Klasis Leti Moa Lakor yang bersumber dari Renstra Lima Tahunan Klasis yang terintegrasi.

  Rumah Aman sebenarnya hanya ungkapan kiasan untuk mengembangkan kesungguhan Gereja Protestan Maluku dari Klasis ini  untuk melindungi korban baik itu perempuan dan anak di Klasis.  Kenyataan membuktikan bahwa kelompok perempuan dan anak adalah kelompok yang sangat rentan artinya mereka yang paling banyak mengalami kasus kekerasan itu dibuktikan dengan beberapa kasus yang ada di daerah kita yang muncul dipermukaan dan diselesaikan  hanya sampai dibatas keluarga dan desa.  Kita memberikan perlindungan karena masa depan kemanusiaan di Klasis Pulau-Pulau  Leti Moa Lakor terletak juga pada Perempuan dan Anak.” Kata Ketua Klasis

Baca Lainnya :


Rumah Aman merupakan tempat tinggal aman yang disediakan untuk perempuan dan korban kekerasan yang tidak memiliki tempat tinggal, terusir atau berada dalam situasi tidak aman, situasi terancam, dan berpotensi mangalami kekerasan berulang terhadap dirinya sendiri.

Sementara itu Ketua Yayasan Direktur Utama Yayasan Gasira Pdt. Dr Elisabeth Ch . Marantik  menjelaskan kekerasan terhadap perempuan dan anak adalah potret sosial, dan potret sosial itu berakar pada masih kurangnya budaya patriati didalam masyarakat.

Wakil Bupati, Drs. Agustinus L. Kilikily, M.Si menyampaikan sejalan dengan perhatian pemerintah daerah terhadap pembangunan, pemerintah daerah juga tidak bisa menyangkal salah satu akibat dari perubahan perilaku masyarakat yakni munculnya perilaku kekerasan  yang menimbulkan korban dan trauma yang terjadi pada  kaum perempuan dan anak-anak.

“Pemerintah Daerah akan memberikan mendukung penuh terhadap  pengembangan rumah aman sebagai upaya bersama Pemerintah dan Gereja, penegak hukum dan semua stekholder untuk melindungi harkat dan marthabat perempuan dan anak sebagai Warga Negara.  Rumah aman yang diluncurkan hari ini  juga merupakan bentuk pastoralia gereja terhadap perempuan dan anak-anak dimana melalui rumah aman akan ada proses perlindungan, pendampingan, penguatan serta pemulihan agar kembali menikmati hak-hak mereka secara layak dan membuat tumbuhnya kembali harapan dan masa depan mereka “ kata Wakil Bupati.


Wakil Bupati juga menghimbau untuk para Camat, para Kepala Desa, tokoh-tokoh masyarakat dan jemaat-jemaat agar dapat bekerja sama dengan Klasis Letti Moa Lakor untuk mendukung berbagai aktivitas pelayanan rumah aman secara terpadu guna melindungi  perempuan dan anak korban kekerasan di dalam masyarakat.

Hadir dalam kegiatan ini,  Majelis Pekerja Klasis  Pulau-Pulau Leti Moa Lakor, , Wakapolres Maluku Barat Daya,  Perwakilan Dandim 1511 Pulau Moa, Kepala Presbam Pol Maluku Barat Daya, Kepala Dinas Sosial Maluku Barat Daya, Perwakilan Dinas PMDPPKB Kab. MBD, Camat Pulau Moa, para Kepala Desa , para Pendeta se-klasis pulau-pulau  Leti Moa LakorKalwedo….(kominfo21)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment