HADIRI WISUDA UNPATTI, WABUP KILIKILY TEKANKAN PENGEMBANGAN SDM MBD

By admin 19 Des 2023, 10:28:07 WIB Pendidikan
HADIRI WISUDA UNPATTI, WABUP KILIKILY TEKANKAN PENGEMBANGAN SDM MBD

Universitas Pattimura (Unpatti) kembali menggelar Rapat Terbuka Luar Biasa Senat Universitas Pattimura Dalam Rangka Wisuda 1.547 Lulusan Sarjana, Magister, Doktor, Pendidikan Profesi Guru dan Program Studi di Luar Kampus Utama Kabupaten Kepulauan Aru dan Kabupaten Maluku Barat Daya Periode Desember 2023, Senin (18/12/2023).

Bertempat di Gedung Serbaguna Tiakur Maluku Barat Daya (MBD), Wakil Bupati MBD, Drs. Agustinus Lekwardai Kilikily, M.Si dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan gembiranya, karena Wisuda Ke-10 Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Pattimura dilaksanakan di PSDKU Kabupaten MBD.


Baca Lainnya :

Kilikily merasa bangga karena putra putri terbaik MBD, telah berhasil menyelesaikan pendidikan mereka di Universitas Pattimura (Unpatti).

“Kita juga patut bersyukur karena di hari ini, 26 Putra dan Putri terbaik Maluku Barat Daya telah menyelesaikan pendidikan mereka di Universitas Pattimura,” lanjutnya.


Ia mengungkapkan, bahwa pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat MBD, menjadi prioritas Pemerintah sebagai pilar penting pembangunan Daerah.

“PSDKU MBD lahir dari tekad Pemkab MBD untuk memprioritaskan pengembangan SDM masyarakat. Karena percepatan pembangunan Daerah, sangat tergantung pada kualitas SDM yang terampil dan terdidik,” katanya.

Ia menjelaskan, Pemkab MBD berkomitmen dan terus mendorong hadirnya Perguruan Tinggi di wilayah MBD. Berkat Sinergi dengan pihak Unpatti, akhirnya Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, memberikan mandat penyelenggaraan PSDKU di MBD.

“Berkat Sinergi yang baik dengan Rektor dan Civitas Akademika Unpatti, pada 13 April 2016, Kemenristekdikti memberikan mandat penyelengaraan 6 Program Studi PSDKU Universitas Pattimura di bumi Kalwedo,” jelasnya.


Adapun manfaat yang dirasakan oleh Pemkab dan Masyarakat MBD adalah akses pendidikan tinggi yang lebih mudah, peningkatan angka partisipasi pendidikan tinggi, penyediaan SDM berkualitas, multiplier effect (efek ganda) Positif, pemberdayaan ekonomi lokal.

Sebagai penutup, Kilikily mengingatkan, dunia saat ini dihadapkan dengan perkembangan dan perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat. Sebab itu, Ia berharap, generasi muda siap bersaing dengan berbagai aspek keterampilan, sikap, dan pengetahuan yang mumpuni.

Untuk diketahui Wisuda ini dilaksanakan berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Pattimura Nomor 4000/UN13/SK/2023 Tentang Wisuda Sarjana, Profesi, Magister dan Doktor Universitas Pattimura Periode Desember 2023, yang mana mewisudakan 1.547 Lulusan, dengan rincian 134 wisudawan Fakultas Hukum, 146 orang Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 609 orang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 148 orang Fakultas Ekonomi dan Bisnis , 51 orang Fakultas Pertanian, 56 orang Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, 183 orang Fakultas Teknik, 49 orang Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 20 orang Fakultas Kedokteran, 43 orang Program Studi Luar Kampus Utama Kabupaten Kepulauan Aru, 26 orang Program Studi Luar Kampus Utama Kabupaten Maluku Barat Daya, dan 88 orang Program Pascasarjana.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment