HADIRI PEMBUKAAN POPMAL IV, BUPATI HARAP MBD RAIH PRESTASI

By admin 17 Nov 2022, 16:37:53 WIB Olahraga
HADIRI PEMBUKAAN POPMAL IV, BUPATI HARAP MBD RAIH PRESTASI

Tiakur-news.malukubaratdayakab.go.id-Pembukaan Pekan Olahraga Provinsi Maluku (Popmal) Ke-IV resmi dibuka dan ditandai dengan pemukulan tifa oleh Ketua Umum KONI Pusat, Letjen (Purn) Marciano Norman bersama Gubernur Maluku Irjel Pol. (Purn) Drs. Murad Ismail dan seluruh Forkopimda Maluku di Lapangan Merdeka, Kota Ambon, Kamis (17/11/2022).

Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Th. Noach, ST yang turut hadir pada acara pembukaan mengatakan, MBD turut mendukung event bergengsi tingkat provinsi ini dengan mengikuti 10 Cabang Olahraga (Cabor).


Baca Lainnya :

"Kita mendukung kegiatan ini dengan menurunkan 216 atlit dan official yang terbagi dalam 10 Cabor antara lain tenis meja, kempo, taekwondo, karate, volly ball, futsal, catur, silat, atletik dan tinju", ungkapnya.

Bupati menjelaskan, walaupun hadir dengan banyak keterbatasan, pihaknya berharap para atlit tetap semangat, berjuang dan bekerja keras meraih prestasi. 


"Para atlit harus tetap semangat, tidak perlu takut dan pesimis. Yakin bahwa kita pasti bisa", harapnya. 

Lebih lanjut Ia mengajak semua masyarakat MBD dimana saja berada untuk terus mendukung dan memberi semangat bagi para atlit yang akan bertanding dan berlomba untuk 10 hari kedepan. 


"Mari terus memberikan dukungan bagi atlit-atlit kita dalam lomba dan tanding nanti. Saya juga ingin menyampaikan banyak terima kasih bagi semua warga MBD domisili Kota Ambon yang hingga saat ini terus memberikan dukungan doa dan restu bagi para atlit MBD", ujarnya.

Dalam menyampaikan sambutan sekaligus membuka Popmal IV tahun 2022, Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman memberikan apresiasi kepada Gubernur, Bupati, Walikota dan panitia pelaksana yang memungkinkan POPMAL IV tahun 2022 ini dapat berlangsung. 


“Maluku adalah daerah yang luar biasa tadi dikatakan Maluku adalah bumi raja-raja oleh karena itu saya berharap kedepan muncul kembali atlet-atlet Maluku yang menjadi kebanggaan Indonesia,” katanya.

Dikatakannya, Pihaknya sengaja membawa Chris John Petinju Legendaris Indonesia ke Maluku untuk mengingatkan, bahwa Maluku ini tempatnya petinju-petinju hebat. 

"Melalui Popmal ini diharapkan akan muncul kembali petinju-petinju kebanggaan Indonesia. Disamping tinju, Maluku juga harus berjaya di olahraga air, baik itu dayung dan selam. Kemudian juga di olahraga atletik. Karena atlet-atlet Maluku akan menjadi tulang punggung atlet Nasional dimasa yang akan datang,” lanjut Marciano.

Marciano berharap, Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21 tahun 2024 di Aceh Sumatera Utara, Maluku peringkatnya akan meningkat karena prestasi yang lebih baik daripada saat keikutsertaannya di Papua. 


“Saya berharap bahwa POPMAL ini mencerminkan hasil pembinaan olahraga yang dilakukan oleh KONI Kabupaten/Kota oleh ketua pengurus cabang olahraga tingkat Kabupaten/Kota, sehingga Kabupaten/Kota yang terbina dengan baik akan mendapatkan prestasi yang juga memadai,” ungkapnya.


Sementara itu, Gubernur Maluku yang juga Ketua Umum KONI Provinsi Maluku, Irjel Pol. (Purn) Drs. Murad Ismael dalam sambutannya  mengatakan, event ini merupakan ajang untuk mengembangkan minat dan bakat anak Maluku. 

Murad Ismail menguraikan pentingnya penyelenggaraan olahraga di Maluku serta mengingatkan para juri dan penyelenggara untuk tegakkan keadilan dan kejujuran serta berikan penilaian secara objektif.

"Saya minta kepada juri dan hakim maupun penyelenggara, jangan sesekali mengecewakan anak-anak kita yang ikut bertanding pada POPMAL ini,” jelasnya.

Ditegaskan, tidak boleh ada ego sektoral, ego marga, family maupun sebagainya. Kalaupun ada, dirinya meminta agar segera dilaporkan langsung kepadanya, agar diberikan sangsi tegas.


Ia juga meminta para atlet menunjukan sportivitas dan profesional dalam bertanding. Tunjukkan sportivitas dan profesional dalam bertanding, tidak perlu ada pertikaian, tersinggung atau apa saja.

Bagi suporter dan pendukung pihaknya meminta tunjukkan sikap kebersamaan dan hindari perselisihan dan perkelahian. 

Gubernur juga berharap para Bupati dan Walikota untuk terus melakukan pembinaan dan pengembangan olahraga di daerahnya masing-masing sebagai wujud keberlanjutan pengembangan olahraga di Maluku.

“Bagi penyelenggara, laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab untuk mencapai sukses dalam pelaksanaan, sukses prestasi, dan sukses administrasi. Tidak ada korupsi di situ, penyelenggara hati-hati semua uang yang kita keluarkan itu ada pertanggungjawaban,” tutup Gubernur.

Turut hadir pada pembukaan POPMAL IV tahun 2022, Sekda Maluku, Sadli Ie, Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, S.E, M.M, Kapolda Maluku, Irjen. Pol Lotharia Latif, S.H., M.Hum, para Bupati/Walikota se-Maluku, pimpinan Forkopimda dan pimpinan OPD lingkup Provinsi Maluku. Ketua DPRD Kab. MBD, Petrus A. Tunay, A.Md, Wakapolres MBD, Kompol. Djesy Batara, S.Sos, Ketua KONI MBD, Chau S.E.M. Petrusz dan Ketua TP. PKK MBD Rely Noach/L serta undangan lainnya dari unsur Provinsi maupun Kabupaten/Kota se-Maluku. Kalwedo (Kominfo)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment