FMIPA ITB LAKUKAN SURVEI PELINTASAN GERHANA MATAHARI TOTAL 2023 DI PULAU KISAR

By admin 06 Okt 2022, 13:54:04 WIB Berita Terkini
FMIPA ITB LAKUKAN SURVEI PELINTASAN GERHANA MATAHARI TOTAL 2023 DI PULAU KISAR

Tiakur-news.malukubaratdayakab.go.id- Pulau Kisar menjadi salah satu tempat yang akan dilintasi oleh fenomena langka yakni Gerhana Matahari Total (GMT) yang akan terjadi pada 20 April 2023. 

Hal ini disampaikan oleh Tim Observatorium Bosscha, Fakultas MIPA, ITB Bandung-Lembang pada kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor Camat Kisar Selatan, tentang "Gerhana Matahari Total" yang diikuti oleh perwakilan Guru dari jenjang SD -SMA/SMK, Rabu (5/10/2022).


Baca Lainnya :

Gerhana matahari sendiri adalah fenomena yang terjadi ketika posisi bulan segaris dengan bumi dan matahari sehingga mengaburkan pandangan bumi terhadap matahari secara total maupun sebagian. Bayangan bulan akan jatuh pada posisi di bumi sesuai lintasannya, menyebabkan kegelapan sesaat.

Proses gerhana matahari berlangsung bertahap. Seiring dengan pergerakan bulan menutupi matahari sedikit demi sedikit, sinar matahari terakhir akan terlihat melewati lembah-lembah di bulan hingga akhirnya tertutup sempurna pada fase total, menyisakan pancaran bagian korona matahari yang menjulur dari tepi bulan setelah itu, bulan akan bergeser hingga matahari tampak utuh kembali.  

Kehadiran atau kunjungan tim ini dalam rangka melakukan survei dan sosialisasi serta mempelajari kondisi alam dan infrastruktur agar dapat disiapkan menjadi lokasi pengamatan gerhana matahari total.


Menurut mereka, Indonesia akan mendapatkan kesempatan istimewa berupa fenomena alam yang unik dan langka yakni gerhana matahari total yang akan melintasi Indonesia bagian tengah dan Indonesia bagian Timur pada tanggal 20 April 2023. yang dimulai dari jam 11 : 47:25 WIT.  dan berakhir pada jam 14.57:59 WIT dengan durasi total 1 menit, 9 detik.

Dilanjutkan dalam sosialisasi, Pulau Kisar adalah salah satu daratan yang akan terlewati oleh jalur totalitas gerhana matahari. Karena di beberapa daerah perlintasan gerhana yang mengamati sebagian saja atau beberapa persen saja gerhana matahari yang dilihatnya bahkan gerhana matahari kali ini sebagian besar perlintasan-nya di daerah lautan. 

"Hanya satu-satunya daratan yang akan terlewati oleh jalur totalitas gerhana matahari total hanyalah di Pulau Kisar, ini sekaligus menjadikan ajang pendidikan sains dan perayaan bagi masyarakat untuk fenomena alam yang istimewa dan unik ini " kata Ibu Premana W. Premadi Ph.D


Jam 13:22:31 merupakan waktu gerhana total yang akan terjadi di Kisar dan pulau Kisar. GMT akan dilihat pada salah satu titik waktu pengamatan yakni di lokasi Kantor Camat Kisar Selatan.  Ada juga di di titik-titik atau tempat lain di Kisar namun durasi waktunya agak berbeda sedikit saja. 

Menyikapi hal yang akan terjadi, Camat Kisar Selatan, John Mosse, mengajak seluruh masyarakat Pulau Kisar, masyarakat Kabupaten MBD, dan seluruh masyarakat di Provinsi Maluku dan di seluruh Indonesia bahkan mengajak seluruh negara (se-dunia) untuk datang ke Pulau Kisar Kabupaten MBD Provinsi Maluku untuk mengamati/menyaksikan peristiwa sejarah dunia, fenomena unik dan langka yakni Gerhana Matahari Total yang akan melintasi daratan Pulau Kisar pada tgl 20 April 2023. 

Titik-titik yang akan dilewati oleh GMT adalah jalur sempit memanjang ini akan membentang melewati Gugusan Pulau Barat Daya di Laut Banda yang meliputi Pulau Kisar, Provinsi Maluku; Batumerah, Pulau Damer; area Tanjung Batukasang, Pulau Watubela; Pulau Manawoka; Pulau Karas, Provinsi Papua Barat; area Teluk Cendrawasih yang melewati Pulau Mois Waar dan Kabupaten Biak. Pengamat di luar jalur ini masih dapat melihat Gerhana Matahari Sebagian (GMS), keadaan di mana Bulan menutupi sebagian piringan Matahari. Kalwedo..(kominfo22)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment