Finalisasi Hasil Akhir Proyek Perubahan, Wakil Bupati Launching Kemaslompa

By admin 24 Nov 2022, 07:19:25 WIB Pemerintahan
Finalisasi Hasil Akhir Proyek Perubahan, Wakil Bupati Launching Kemaslompa

Tiakur-news.malukubaratdayakab.go.id-  Rabu (23/11/2022), Bertempat di Ruang Rapat Serbaguna Bappeda Litbang Kab.MBD, Wakil Bupati  Maluku  Barat Daya, Drs. Agustinus L. Kilikily, M.Si  melauncing Produk Daur Ulang Sampah Kelompok  Masyarakat pengelolahan Sampah (Kemaslompa), inovasi proyek perubahan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. MBD, Dalma Eoh, SP yang merupakan peserta Pendidikan Kepemimpinan Nasional Tingkat II.

Turut Hadir dalam kegiatan ini Forkopimda Kab.MBD, Sekretaris  Daerah  Kab.MBD, Asisten Setda, Pimpinan OPD Terkait, Camat Moa dan Kepala Desa se-Pulau Moa serta Tokoh Agama.

Baca Lainnya :

Mengawali sambutannya Wakil Bupati menjelaskan, berdasarkan peraturan Kepala Badan Administrasi  Negara nomor 06 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Pelatihan Kepemimpinan Struktural, Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II bertujuan untuk pengembangan kompetensi peserta dalam rangka memenuhi standar kompetensi kepemimpinan strategi, guna menjamin terwujudnya akuntabilitas  jabatan pimpinan tinggi (JPT) Pratama.


Launching Kemaslompa ini merupakan tahapan / milestone akhir jangka pendek, yang bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk hasil olahan daur ulang sampah oleh kelompok masyarakat. Diharapkan dengan adanya inovasi ini dapat memotivasi masyarakat dalam peningkatan ekonominya serta visi misi Pemerintah Daerah secara bertahap dapat diwujudkan sesuai dengan kewenangan tugas pokok dan fungsi OPD.

“Saya  percaya proyek perubahan ini merupakan salah satu bentuk kebijakan teknis yang diambil oleh Reformer bersama seluruh staf Dinas Lingkungan Hidup dalam upaya mewujudkan Maluku Barat Daya yang bersih, indah, serasi dan bebas sampah. Didukung dengan metode manajemen kepemimpinan yang baik serta stakeholders  eksternal  dan pemerintah Daerah, maka saya yakin dapat  mewujudkan  visi  dan  misi  Kab.MBD  yang tertuang dalam RPJMD Tahun 2021-2026, sesuai tugas pokok, fungsi dan kewenangan OPD.”Jelas Wakil Bupati


Selaku reformer, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. MBD menjelaskan kondisi yang dihadapi sekarang ini di Kota Tiakur dan sekitarnya  termasuk  Desa  wakarlely bahwa seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk, maka timbunan  sampah yang dihasilkan oleh masyarakat menjadi bertambah pula. Hal ini menjadi  persoalan  yang  harus  segera ditangani. Disamping itu masih masih  rendahnya tingkat  partisipasi  masyarakat  untuk  terlibat  dalam  pengelolaan  sampah.

Pengelolaan daur ulang sampah sebagai upaya mengatasi permasalahan sampah di kawasan perkotaan dan dapat menciptakan lapangan kerja baru guna meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Proyek perubahan ini bertujuan untuk melatih kelompok masyrakat dalam memanfatkan berbagai limbah sampah dari hasil pembuangan sampah mandiri menjadi bahan yang bernilai ekonomis. Dengan demikian dapat berkontribusi dalam meningkatkan ekonomi masyarakat, meningkatkan lapangan kerja dan investasi di bidang pengelolaan sampah serta mewujudkan  kota  Tiakur  dan  sekitarnya  bersih  dan  bebas  dari  masalah  sampah” ungkap Eoh mengakhiri penjelasannya. Kalwedo (kominfo24)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment