BUPATI BUKA KEGIATAN PENGEMBANGAN KAPASITAS TRC BENCANA

By admin 21 Okt 2022, 13:55:45 WIB Pemerintahan
BUPATI BUKA  KEGIATAN PENGEMBANGAN KAPASITAS  TRC BENCANA

Tiakur-news.malukubaratdayakab.go.id-Bupati Maluku Barat Daya Benyamin Th. Noach, ST, membuka kegiatan  Pengembangan Kapasitas Tim Reaksi Cepat Bencana Kab. MBD Tahun 2022, yang berlangsung di Ruang Serbaguna Tiakur. Jumat (21/10/2022). Turut hadir Wakil Bupati Maluku Barat Daya Drs. Agustinus L. Kilikily, MSi , Ketua DPRD MBD, Petrus A. Tunay, A.Md,  Sekretaris Daerah MBD, Drs. A. Siamiloy, M.Si, Staf Ahli, Asisten dan pimpinan OPD lingkup Pemda MBD.

Baca Lainnya :

Pelaksanaan Kegiatan Pengembangan Kapasitas Penangulangan  TRC Bencana Kab. Maluku Barat Daya 2022 didasarkan atas Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007  Tentang Penanggulan Bencana, Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Penyelengara Penanggulangan Bencana, Peraturan Kepala Badan Nasional  Penanggulangan Bencana Nomor 9 Tahun 2008 Tentang Prosedur  Tetap Tim Reaksi Cepat BNPB serta Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 3 Tahun 2016 Tentang Sistem Komando Penanganan Darurat Bencana.

Maksud dan Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk membentuk Tim Reaksi Cepat  penanganan darurat bencana MBD, melatih Aparatur Sipil Negara di lingkup Kab.MBD sebagai petugas PRC dalam upaya penanggulangan bencana di Daerah. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman membangun kesiap siagaan terhadap satuan pelaksana penanggulangan bencana di daerah, memberikan penguatan kapasitas bagi petugas penangulangan bencana untuk penanganan pada masa tanggap darurat bencana, serta meningkatnya sinegritas dalam  koordinasi dan komunikasi dalam upaya penanganan bencana.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan, Maluku Barat Daya berada pada daerah rawan bencana. Untuk itu perlu adanya TIM Penanggulangan Bencana yang dapat bereaksi cepat, serta bekerja dengan Ikhlas, Siap dan Bertanggung Jawab.

‘’Kita berada pada wilayah yang rawan bencana,  longsor. Kita ada di dekat lempengan benua yang bisa saja sewaktu-waktu terjadi bencana gempa bumi, atau ombak laut yang tinggi. Karena itu kita harus mengambil langkah-langkah, salah satunya yaitu membentuk tim penanggulangan bencana. TIM diharapkan dapat melakukan langkah-langkah yang baik, cepat dan tepat dalam penanggulangan bencana. Saya berharap agar tim reaksi cepat ini betul-betul ikhlas,siap dan bertanggung jawab .”ungkap Bupati.

Akhir kata, Bupati berharap agar Tim yang di bentuk ini dapat berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara, terutama untuk   Pemerintah Daerah Kab.MBD. Kalwedo…(kominfo)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment