32 LULUSAN PSDKU DIWISUDAKAN, WABUP MBD : PSDKU HADIR UNTUK MENDUKUNG PENINGKATAN SDM DI MBD

By admin15 06 Sep 2022, 13:38:37 WIB Pemerintahan
32 LULUSAN PSDKU DIWISUDAKAN, WABUP MBD :  PSDKU HADIR UNTUK  MENDUKUNG PENINGKATAN SDM DI MBD

Tiakur-news.malukubaratdayakab.go.id – Rapat Terbuka  Luar Biasa Senat  Universitas Pattimura kembali dilaksanakan dalam rangka Wisuda Sarjana, Profesi, Magister, Doktor dan Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU). Kegiatan ini diikuti secara daring oleh civitas akademika PSDKU Kabupaten Maluku Barat Daya dan dihadiri  oleh Wakil Bupati Maluku Barat Daya, Drs. Agustinus L. Kilikily, M.Si, bertempat di Ruang Serbaguna Tiakur, Senin (5/9/2022).

Turut Hadir Ketua DPRD Kabupaten MBD, Dandim 1511 Pulau Moa, Kajari MBD, Perwakilan Polres MBD, Sekretaris Daerah Kabupaten MBD, Para Asisten, Pimpinan OPD,  Ketua dan Sekretaris PSDKU, para Wisudawan serta undangan lainnya.

Baca Lainnya :


Prof. Dr. Tanwey Gerson Ratumanan, M.Pd selaku Sekretaris PSDKU dalam laporannya mengatakan pada wisuda periode ke-dua PSDKU Tahun 2022, terdapat  31 lulusan S1 yang berasal dari 6 Program Studi  dan 1 orang lulusan S2 dari Program Studi  Matematika.

Ratumanan menambahkan upaya Universitas Pattimura memberikan kontribusi bagi pengembangan daerah  di wilayah Maluku Barat Daya dan Kepulauan Aru tetap menjadi prioritas.

" Tahun ini untuk Kabupaten Maluku Barat Daya telah siap untuk menjalankan Program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) yang salah satu kegiatannya adalah asistensi mengajar. Melalui program ini  mahasiswa PSDKU akan selama satu semester penuh  tidak akan berada di kampus tetapi mereka dapat melakukan tindakan pengabdian untuk menjadi guru di sekolah-sekolah terpencil selama 6 bulan dan dihargai dengan 20 SKS " ujar Ratumanan


Lanjutnya ini merupakan salah satu jalan yang untuk mengatasi kekurangan guru untuk wilayah terpencil dan daerah perbatasan seperti Kabupaten Maluku Barat Daya.

Sementara itu Wakil Bupati Maluku Barat Daya dalam sambutannya menyampaikan dengan mempertimbangkan kondisi wilayah, sosial dan ekonomi maka Pemerintah Daerah Maluku Barat Daya, memperjuangkan dan memprioritaskan peningkatan Sumber Daya Manusia di Wilayah Maluku Barat Daya melalui kerjasama dengan Universitas Pattimura untuk menghadirkan sebuah perguruan tinggi di kabupaten Maluku Barat Daya yakni melalui PSDKU Kabupaten Maluku Barat Daya


" Dengan adanya PSDKU di Wilayah Kabupaten Maluku Barat Daya sangat membantu membuka akses pendidikan di perguruan tinggi bagi anak-anak Maluku Barat Daya yang ingin melanjutkan pendidikan di Perguruan tinggi namun dibatasi dengan keuangan yang  minim dan golongan ekonomi lemah. Hadirnya PSDKU memberikan dampak yang positif bagi peningkatan SDM untuk mendukung pengembangan pembangunan di Kabupaten Maluku Barat Daya " kata Wakil Bupati

Menurutnya bukan hanya ijasah yang dikejar akan tetapi yang terpenting adalah penguasaan ilmu dan teknologi sehingga dapat diaplikasikan dalam dunia kerja. Acara ini  akan menjadi perjalanan akhir dari perjuangan beberapa tahun dari wisudawan dan wisudawati untuk memperoleh sejumlah ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai bekal dimasa depan.

Diakhir sambutanya Wakil Bupati berharap  kepada para lulusan PSDKU yang di wisudaa adalah dapat menjadi orang-orang yang berkualitas yang dapat menciptakan inovasi-inovasi baru untuk  kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Maluku Barat Daya. Kalwedo--- (kominfo22)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment